Sabtu, 22 Oktober 2011

OPINI

REFLEKSI HARI ULANG TAHUN KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR KE 12
PRESTASI DAN KENDALA DI MASA AKAN DATANG
Oleh :Ashar Idris,S.Pd.I (DPRD Tanjab Timur & Kader Partai Gerindra)

Pada tanggal dua puluh empat oktober dua ribu sebelas, genaplah usia Kabupaten Tanjung Jabung Timur berusia dua belas tahun, merupakan perjalanan yang begitu panjang dan melelahkan dengan berbagai upaya untuk mewujudkan perjuangan untuk kesejahteraan masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Timur dalam rangka mengerjar prestasi untuk mensejajarkan dengan kemajuan daerah lain.

Keberhasilan banyak telah di raih di berbagai bidang, dan sudah di nikmati oleh masyarakat yang mana pembangunan itu sangat menyentuh kebutuhan masyarakat, tentunya sebagai masyarakat patut berterima kasih kepada pemerintah yang sudah melaksanakan tugas dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat, tentunya harapan kita semua di masa-masa akan datang dapat di tingkatkan.
Namun dalam perjalanan di usia yang 12 tahun juga kita tidak bias menutup mata ada beberapa hal yang menjadi harapan masyarakat untuk segera di laksanakan guna untuk kepentingan masyarakat, ini menjadi harapan kita semua semoga maslah-masalah yang timbul dapat di carikan solusi yang terbaik, karena memang tujuan di didirikan bangsa ini adalah untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat.

Melalui Refleksi Peringatan Ulang Tahun Kabupaten Tanjung Jabung Timur Ke 12 ini Ada beberapa yang perlu kita perhatikan dan menjadi renungan kita semua dalam rangka perbaikan ke depan antara lain :
1. Infrastruktur Jalan Dan Jembatan
Kondisi geografis Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang merupakan daerah yang begitu banyak sungai/Parit merupakan kendala untuk mebangun infrastruktur yang memadai, masih banyaknya jalan dan jembatan yang sudah tidak layak di gunakan sehingga menjadi kendala bagi masyarakat untuk peningkatan ekonomi, jalan yang sampai pada hari ini belum ada penyelesaian Mulai dari Muara Sabak-Rantau Rasau-Nipah Panjang sampai ke berbak juga belum selesai, begitu juga jembatan yang bagitu banyak untuk segera di bangun, dua persoalan ini jalan dan jembatan merupakan urat nadi perekonomian masyarakat.
2. Bidang Ekonomi
Kehidupan masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Timur juga perlu mendapat perhatian terutama terhadap peningkatan ekonomi Kerakyatan, sentuhan yang di butuhkan terhadap peningkatan ekonomi juga belum di nikmati, terutama usaha kecil menengah, yang pada dasarnya untuk menghidupi keluarga, oleh kerana itu kedepan tentunya Pemerintah Kabupaten Tanjung Jabung Timur untuk membantu masyarakat dalam peningkatan ekonominya.
3. Bidang Pendidikan
Persoalan pendidikan juga merupakan hal yang tidak mudah untuk di selesaikan terutama dalam peningkatan sarana dan prasarana, kendala di lapangan masih banyak sekolah-sekolah, perumahan dinas guru, kepala sekolah terdapat yang tidak layak huni, belum lagi persoalan tenaga pengajar yang bertugas untuk mencerdaskan masyarakat begitu komplek yang di hadapi yang intinya perlu ada penangan yang sangat serius dari pemerintah.
4. Pertanian
Problem pertanian juga sangat komplik untuk segera di tingkatkan, mengingat daerah Kabupaten Tanjung Jabung Timur pernah menjadi penghasil beras di provinsi jambi, perlu kiranya untuk segera di berikan pelayanan terhadap petani berupa bantuan,alat traktor,tleser,bibit dan upah operasional, yang selama ini sudah di laksanakan tapi tidak merata kepada selutuh kelompok tani, sangat ironis sekali bagaimana untuk meningkatkan hasil pertanian sementara bantuan dari pemerintah sangat minim untuk peningkatan produksi. Di tamabah lagi irigasi dan tanggul yang belum semua dapat di nikmati oleh masyarakat.
5. Perikanan Dan Kelautan
Potensi laut Kabupaten Tanjung Jabung Timur juga belum bisa meningkatkan ekonomi para nelayan, terkendala minimnya sarana dan prasarana alat tangkap yang di miliki masyarakat, begitu juga kendala terhadap BBM juga sering langkah sehingga para nelayan kita tidak bisa melaut.
6. Pariwisata
Pariwisata kita belum begitu bisa menjadi andalan untuk di kunjungi, padahal cagar alam TNB sangat menarik untuk di kembangkan sebagai salah satu wisata, begitu juga terhadap pengembangan pulau berhala di bidang pariwisata untuk segera di laksanakan, sehingga potensi wisata kita dapat meningkatkan pemasukan ke PAD dan membantu yang terlibat dalam komponen pariwisata tersebut.
7. Perkebunan
Kondisi sangat memperhatinkan adalah terhadap tidak adanya harga tetap terhadap hasil Kebun Kelapa dalam,membuat masyarakat menjerit karna hasilnya sangat murah, dan ini tidak pernah ada campur tangan pemerintah bagaimana produksi hasil kelapa dalam dapat naik harganya sehingga masyarakat kita dapat meningkat taraf hidupnya. Begitu juga persoalan tanggul yang masih jadi kendala sehingga kebun rakyat masih banyak terendam oleh air.
8. Tapal Batas
Sengketa lahan atau tapal batas desa/kecematan/kabupaten juga masih menimbulkan problem pada saat ini juga belum dapat di selesaikan dengan baik, agar kiranya maslah ini tidak bisa di biarkan dan segera untuk di berikan penyelesaianya.
9. Kelistrikan
Hal yang belum bisa di nikmati oleh seluruh masyarakat adalah listrik sampai ke pelosok desa, sehingga masyarakat kita belum bisa menikmati listrik sampai pada hari ini, ini juga perlu kiranya mendapat prioritas utama dalam rangka peningkatan kesejahteraan masyarakat.


10. Kelangkaan Minyak tanah
Sukses dalam pelaskanaan peralihan dari Minyak tanah ke gas juga sudah menimbulkan maslah baru, karena tidak semua masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Timur sudah menerima kompor gas, sementara minyak tanah sudah di tarik 100 %, perlu di ingat bahwa masih banyak masyarakat Kabupaten Tanjung Jabung Timur yang masih mempergunakan lampu dari bahan minyak tanah, akan kah mereka hidup dalam kegelapan, ini juga harus menjadi perhatian kita semua.

11. Kesehatan
Pelayanan kesehatan juga menjadi kendala bagi masyarakat terutama di pelosok-pelosok desa kadang menjadi problem yang mendasar tidak dapatnya di layani dengan baik di sebabkan kurangnya sarana dan prasana kesehatan yang ada.

Dari berbagai problem di atas hanya sedikit yang dapat di sampaikan, untuk kiranya menjadi renungan kita di usia Kabupaten Tanjung Jabung Timur ke 12 ini semoga dapat bermapaat bagi penentu kebijakan, maka dari itu kami Ucapkan ‘SELAMAT ULANG TAHUN KABUPATEN TANJUNG JABUNG TIMUR KE 12 SEMOGA TETAP JAYA DAN DAPAT MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DI MASA AKAN DATANG….

0 komentar:

Posting Komentar

Ethiopia

Seseorang yang menjadi sumber kekuatan terbesar adalah pula sumber kelemahan terbesar

Kumpulan Blog Indonesia

CopyMIX


ShoutMix chat widget

Music

Google Music Search

NapoleonHILL

Kebijakkan yang sesungguhnya, biasanya tampak melalui kerendahan hati dan tidak banyak cakap

  ©Template by ji_aray_ininnawa.