Selasa, 17 Maret 2009

Sutiyoso.....

Ketua Tim Peneliti Pusat Kajian Strategi Pembangunan Sosial Politik Fisip UI, Heriansyah mengatakan Sutiyoso masuk 5 besar capres 2009.

Heriansyah menjelaskan, masuknya nama Sutiyoso diurutan nomor 5 dikarenakan Sutiyoso berhasil mengembangkan jaringan di beberapa daerah.

"Sutiyoso sudah membuka Bang Yos Center dibeberapa daerah dan beliau termasuk capres yang punya program kunjungan ke daerah," ujarnya di Jakarta, Jum'at,(13/3).

Menurutnya, melalui program kunjungan ke daerah yang dijalankan tersebut Sutiyoso cukup dikenal masyarakat, meski ia tidak beriklan dan didukung oleh partai besar.

"Dalam survey kami popularitasnya ternyata agak lumayan," tandasnya.

Sementara itu, menanggapi perkembangan politik kedepan, Heriansyah mengatakan dalam survey yang dilakukan pihaknya, fenomena yang perlu dicermati adalah terdapat dua partai yang kemungkinan perolehan suaranya akan naik secara signifikan yaitu Partai Demokrat, Partai Keadilan Sejahtera. Sedangkan partai lain seperti Golkar, PDIP, PPP, PKB justru cenderung menurun perolehan suaranya dibanding pemilu 2004.

"Fenomena lain adalah munculnya partai baru yaitu Hanura dan Gerindra yang mampu menembus parliamentary treshold," ungkapnya.

Hal yang sama juga disampaikan pengamat politik UI, Ibramsjah. Menurutnya, strategi Sutiyoso membentuk Bang Yos Center dibeberapa daerah ternyata membuahkan hasil.

"Dibeberapa kota besar seperti Jakarta, Lampung, Jawa Barat, Jawa Tengah keberadaan Bang Yos Center cukup efektif dan telah membuat Sutiyoso cukup dikenal," ucapnya.

Sementara itu untuk posisi SBY, Ibramsjah menilai SBY adalah tokoh yang terpopuler mengingat SBY adalah incumbent dan telah membuat beberapa prestasi.

Namun demikian dia meragukan jika populeritas SBY akan mencapai melebihi 40 persen.

"Secara logika tidak mungkin jika ada survey yang menyatakan sampai 40 persen, angka tersebut hanya bisa diraih oleh tokoh sekaliber Soekarno atau presiden yang benar-benar mampu mensejahterakan rakyatnya," jelasnya.

Pada kesempatan yang sama, Peneliti Pusat Kajian Strategi Pembangunan Sosial Politik Fisip UI, Cecep Hidayat menyebutkan berdasarkan hasil survey mereka, kandidat capres berdasarkan nomor urut nilai popularitasnya adalah SBY 18.89 persen, Megawati Soekarnoputri 16.51 persen, Sri Sultan HB X 12.33 persen, Prabowo Subijanto 8.62 persen, Sutiyoso 8.56 persen, Hidayat Nurwahid 8.27 persen, Jusuf Kalla 7.09 persen, Wiranto 4.82 persen, Amien Rais 1.73 persen, lain-lain 12.23 persen.

Sementara itu untuk popularitas parpol peserta pemilu adalah Golkar 17.4 persen, Demokrat 15 persen, PDIP 13.6 persen, PKS 9.7 persen, PPP 5.4 persen, PAN 5.4 persen, PKB 4.6 persen, Hanura 4.2 persen, Gerindra 2.8 persen, lain-lain 22.1 persen.

"Survey dilakukan pada awal Januari 2009 sampai pertengahan Februari 2009. Survey melibatkan 1500 responden yang diambil berdasarkan sistem stratisfied random sampling," paparnya.

Cecep mengatakan survey dilakukan di 15 Propinsi yaitu Sumsel, Lampung, Kepulauan Riau, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jogjakarta, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.




0 komentar:

Posting Komentar

Ethiopia

Seseorang yang menjadi sumber kekuatan terbesar adalah pula sumber kelemahan terbesar

Kumpulan Blog Indonesia

CopyMIX


ShoutMix chat widget

Music

Google Music Search

NapoleonHILL

Kebijakkan yang sesungguhnya, biasanya tampak melalui kerendahan hati dan tidak banyak cakap

  ©Template by ji_aray_ininnawa.