Selasa, 08 September 2009

GEMA RAMADHAN

ANALISA SITUASI

Menyadari betapa pentingnya kehidupan beragama yang baik dan benar serta dituntunt untuk menyebarluaskan syiar bagi para pemeluknya sehingga akan tercapainya rahmatan lil ‘alamin. Untuk itu generasi muda, yang dalam issu terakhir mengalami degradasi moral dan keagamaan menuntut sebuah tanggung jawab dikalangan generasi muda itu sendiri guna menciptakan iklim yang dinamis dalam berprilaku dikehidupan sehari- harinya. Hal ini menjadi penting, yang dapat diharapkan menjadi motor penggerak perbaikan kehidupan beragama.

Datangnya ramadhan dikalangan umat Islam menjadi sebuah kegembiraan umat Islam diseluruh dunia untuk menjadi umat yang bertaqwa kepada sang pemilik alam. Berbagai potensi kebaikan akan muncul dalam bentuk realisasi ibadah kepada Allah SWT dengan senantiasa mengharapkan taufiq dan hidayah-Nya. Bulan ramadhan menjadi bulan terbaik diantara bulan- bulan yang baik lainnya untuk beribadah yang juga merupakan proses pembersihan jiwa dari pikiran yang kurang bersih dari umat manusia, dan diharapkan setalah bulan ini tidak akan berupah niat manusia untuk senantiasa berbuat kebajikan dan ibadah.

Bentuk- bentuk penyebaran syiar Islam dimasyarakat, pada bulan ini menjadi baik meski di bulan yang lain juga perlu di perluas wacana keislaman dikalangan masyarakat luas, bahwa sesungguhnya jihad yang terbaik adalah memberikan pendidikan dan pengajaran dikalangan umat sehingga rasa keagamaan menjadi lebih kuat dan kokoh.

Ikatan Kekeluargaan Mahasiswa/ Pelajar Indonesia Sulawesi Selatan atau IKAMI SULSEL Cabang Jambi, merupakan komunitas generasi muda yang berasal/ keturunan Sulawesi Selatan yang melanjutkan pendidikan di luar daerah Sulawesi Selatan yakni di Provinsi Jambi. Secara nasional IKAMI SUSLEL didirikan pada tanggal 30 September 1961 di Ciloto. Untuk itu IKAMI SULSEL tersebar di wilayah Indonesia dan memiliki 33 cabang disetiap provinsi. Kolektivitas ini bertujuan untuk ikut berperan serta dalam melanjutkan pembangunan Indoensia, baik secara nasional maupun religius.



IKAMI SULSEL cabang Jambi telah bediri 20 tahun yang lalu, dan telah melakukan berbagai aktivitas, baik social, politik, hukum, dan keagamaan serta pendidikan. Banyak hal yang telah dilakukan, antara lain:
1. Bekerjasama dengan KPU mitra pelaksana Operator IT pada Pemilu 2004.
2. Bekerjasama dengan BNSP dalam pelaksanaan Ujian Nasional sebagai Tim Pemantau Independen (TPI) tahun 2008 dan 2009.
3. Melakukan advokasi kemahasiswaan di perguruan tinggi terhadap mahasiswa yang mengalami kesulitan akademis.
4. Berperan aktif dalam pengawasan pemilu 2004 dan 2009
5. Pelaksanaan Safari ramadhan pada setiap bulan ramadhan
Dan berabgai aktivitas lain yang memberikan manfaat bagi masyarakat dan sebagai wujud untuk membangun daerah dalam meraih Indonesia yang kita cita- citakan.

IKAMI SULSEL Cabang Jambi pada tahun ini akan menggelar kegiatan safari ramadhan di kabupaten di mana tingkat grass root itu berada, persiapan- persiapan secara tehnis telah berjalan dengan baik.

Kabupaten Tanjung Jabung Timur merupakan daerah yang berpenduduk lebih kurang 150.000 jiwa yang tersebar di beberapa kecamatan. Daerah ini juga merupakan basis masyarakat bugis terbesar diantara kabupaten/ kota dalam wilayah Provinsi Jambi. Potensi ini merupakan dasar utama dari pelaksanaan safari ramadhan oleh Pengurus IKAMI SULSEL Cabang Jambi.

Untuk itu IKAMI SULSEL Cabang Jambi akan melaksanakan kegiatan keagamaan safari ramadhan yang dirangkai berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat Tanjung Jabung Timur, dalam kegiatan ini IKAMI SULSEL Cabang Jambi mengangkat Tema: “Membumikan Hikmah Ramadhan dalam Paradigma Kemasyarakatan dan Keindonesiaan untuk Menciptakan Budaya Religius”.

NAMA KEGIATAN
Adapun nama kegiatan ini adalah GEMA RAMADHAN TANJUNG JABUNG TIMUR 1430 H.

TUJUAN KEGIATAN
Adapun tujuan dilaksanakan kegiatan ini adalah untuk merekatkan silaturrahmi antar masyarakat guna menjaga keharmonisan sehingga akan tercipta kehidupan yang dinamis dan sejahtera.

WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN
Pelaksanaan kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 7 – 10 September 2009, bertempat di Kecamatan Mendahara Ilir dan Mendahara Tengah Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

JENIS KEGIATAN
Pelaksanaan Gema Ramadhan Tanjung Jabung Timur akan dilaksanakan berbagai kegiatan yang melibatkan masyarakat setempat dan generasi muda, jenis kegiatanya adalah:
1. Pembukaan Kegiatan
2. Ceramah Agama dan Kuliah Tujuh Menit (KULTUM)
3. Diskusi Remaja
4. Lomba Kreatif Anak Sholeh (Lomba Azan, Lomba Hafalan Ayat- ayat pendek)
5. Lomba Kreatif Remaja Mesjid dan Karang Taruna (Lomba Kreasi Majalah Dinding Islami)
6. Penutupan Kegiatan
PENDUKUNG KEGIATAN
Kegiatan ini melibatkan komponen masyarakat setempat yang diharapkan ikut serta berpartisipasi mendukung kegiatan ini, antara lain:
1. PEMDA Kabupaten
2. Camat
3. Kepala Desa/ Kelurahan dan jajarannya
4. Pengurus Mesjid
5. Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat
6. Remaja Masjid
7. Karang Taruna
8. Pelajar/ Siswa SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA

PENDANAAN KEGIATAN
Dalam kegiatan ini akan diperlukan biaya yang bersumber dari bantuan Pemda serta sumbangan yang halal dan tidak mengikat. Adapun rincian dana kegiatan ini sebagaimana telampir.

PENUTUP
Demikian proyek proposal ini kami sampaikan, semoga apa yang menjadi tujuan kegiatan ini bisa kita raih untuk kemajuan bersama, kepada pihak- pihak yang telah mendukung dan membentu pelaksanaan kegiatan ini, kami ucapkan terima kasih.

0 komentar:

Poskan Komentar

Ethiopia

Seseorang yang menjadi sumber kekuatan terbesar adalah pula sumber kelemahan terbesar

Kumpulan Blog Indonesia

CopyMIX


ShoutMix chat widget

Music

Google Music Search

NapoleonHILL

Kebijakkan yang sesungguhnya, biasanya tampak melalui kerendahan hati dan tidak banyak cakap

  ©Template by ji_aray_ininnawa.